SOAL ULANGAN

SOAL ULANGAN
Membantu menyediakan referensi soal ulangan harian, semester, mid semester dll dari tingkat SD sampai SMA

Selasa, 01 Februari 2011

Setting Arabic Praktis di Windows 7

Untuk pertama kalinya saya mulai menulis di blog baru saya yang baru kali ini pula saya membuat blog ini. semoga bermanfaat.

Untuk yang pertama ini saya ingin berbagi trik cepat, praktis, ekonomis dan efisien membuat windows 7 anda cerdas menulis arab. Hal ini saya maksudkan agar saudara semua dapat memanfaatkan fasilitas yang diberikan windows secara maksimal. Berdasarkan pengalaman, dulu di tempat kerja saya, sebelum saya datang, telah menghabiskan dana Rp. 50.000,- hanya untuk setting arabic di salah satu komputernya. Kecil memang sepertinya uang lima puluh ribu tersebut. Tapi itu baru satu komputer saudara....., kalau lima, sepuluh, 20, atau 50 komputer bagaimana? Apa masih terhitung murah? meski sudah didiskon 50% pun akan masih terasa mahal kalau anda tahu betapa mudahnya setting arabic di komputer anda.

Ok. Sabar, kita akan segera mulai membahas triknya.... (baca dulu sampai bagian terakhir)

Secara manual anda bisa setting arabic di komputer anda dengan masuk di control panel-clock, language and religion-religion and language-(muncul jendela baru "region and language")-pilih tab "keyboards and languages"-change keyboards-(muncul lagi jendela baru "text services and input languages"-pada tab general, secara otomatis akan tersedia English (united states) keyboard US-klik "Add"-maka muncul jendela baru lagi "Add Input Language"-pilih dobel klik bahasa "Arabic (Saudi Arabia)-keyboard-beri tanda centang (v) pada arabic (101)-klik ok. (tugas pertama selesai, komputer anda sudah bisa menulis arabic. Boleh dicoba di ms. Word) untuk menulis arab, anda buka dulu ms. word, klik lambang bahasa di kanan bawah layar anda, di deret paling kiri tulisan "EN" ubah ke "AR". silahkan lanjutkan nulis arabnya.

Cara di atas adalah cara yang rumit, teramat rumit bahkan. 

Anda bisa memakai cara praktis berikut. Download file berikut melalui link di bawah ini! Salah satu saja. Yang lain hanya buat cadangan. Anda tidak perlu khawatir kelamaan atau kehabisan pulsa. File yang akan anda download tidak lebih dari 1 kb. saja. Setelah anda download, seperti biasa, dobel klik pada file tersebut  dan seterusnya klik yes-klik yes-dan selesai. Restart komputer anda, dan anda bisa mulai mengetik arabic. 

Setelah anda merestart komputer anda, maka akan muncul ikon bahasa di sebelah kanan bawah anda. Anda boleh merubah bahasa penulisan anda dengan cara klik ikon bahasa tersebut kemudian memilih bahasa yang akan dipakai. Disana akan tersedia tiga bahasa pilihan; Indonesia (IN), English (EN) dan Arabic (AR) tentunya. Kami sediakan bahasa penulisan Indonesia supaya waktu anda menulis dokumen dalam bahasa Indonesia tulisan teh anda tidak berubah jadi the atau kasus lainnya. 

Tapi ada cara yang lebih mudah. Anda tinggal memencet tombol ctrl+shift sebelah kanan anda untuk menulis arab dan otomatis penulisan akan dimulai dari sebelah kanan. Jika memencet tombol ctrl+shift sekali tidak berhasil maka silahkan mengulangi sekali lagi. Untuk kembali ke bahasa Indonesia anda juga tinggal memencet tombol ctrl+shift tapi yang sebelah kiri agar penulisan otomatis dimulai dari kiri

Sekian, semoga bermanfaat, mohon do'a dari pengunjung semua agar saya beserta keluarga dirahmati Allah. 
Terimakasih atas kunjungan anda. Sebarkan ke yang lain jika anda rasa ini bermanfaat. 



Download file nya di sini:

4 komentar:

  1. (just example)
    Terimakasih atas triknya gan.
    Ini sangat bermanfaat dan simpel.
    sudah saya coba dan berhasil tanpa kendala.
    Salam sukses buat agan sekeluarga. Amin

    BalasHapus
  2. Syukron katsiiron. Jazaakallah, sahabat. Semoga ALLAH SWT membalas dengan pahala kebaikan berkali-kali lipat jumlahnya. Aamiin ALLAHumma aamiin.
    Btw link untuk arabic key win7-nya tolong diupdate, sebab link-nya sudah tidak aktif. Sekali lagi syukron katsiiron.

    BalasHapus
  3. Maaf Sodara sekalaian baru kober ngoprek barusan. linknya sudah bisa dipakai sekarang silahkan di download.....

    BalasHapus