SOAL ULANGAN

SOAL ULANGAN
Membantu menyediakan referensi soal ulangan harian, semester, mid semester dll dari tingkat SD sampai SMA

Jumat, 11 Februari 2011

ZIKIR SETELAH SHALAT FARDU

a.           Membaca Istigfar tiga kali.
اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمِ
Aku mohon ampun kepada Allah

b.           Lalu membaca:
اللّٰهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ تَبَارَكْتَ يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ. لَا اِلَهَ إِلَّا اللّٰهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ. اَللَّهُمَّ لَامَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ وَلَا مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ وَلَا يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ. لَا اِلَهَ إِلَّا اللّٰهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ ، لَهُ الْمُلْكُ ، وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ . لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ. لَا اِلَهَ إِلَّا اللهُ وَلَا نَعْبُدُ إِلَّا إِيَّاهُ لَهُ النِّعْمَةُ وَلَهُ الْفَضْلُ وُلَهُ الثَّنَآءُ الْحَسَنُ، لَا اِلَهَ إِلَّا اللّٰهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنِ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُوْنَ.

Ya Allah, Engkaulah Maha Sejahtera, dan dari-Mu kesejahteraan, Mahasuci Engkau, wahai Rabb Pemilik Keagungan dan Kemuliaan). Ya Allah, Engkaulah Maha Sejahtera, dan dari-Mu kesejahteraan, Mahasuci Engkau, wahai Rabb Pemilik Keagungan dan Kemuliaan. Tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar melainkan hanya Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kerajaan dan bagi-Nya segala pujian, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, tidak ada yang mencegah apa yang Engkau beri dan tidak ada yang memberi apa yang Engkau cegah. Tidak berguna kekayaan dan kemuliaan itu bagi pemiliknya dari (siksa) Mu.  Tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar melainkan hanya Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kerajaan dan bagi-Nya segala pujian, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali (dengan pertolongan) Allah.  Tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar melainkan hanya Allah.  Kami tidak beribadah kecuali kepada-Nya. Bagi-Nya nikmat, anugerah dan pujian yang baik. Tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar melainkan hanya Allah, dengan memurnikan ibadah hanya kepada-Nya, meskipun orang-orang kafir tidak menyukainya).

c.           Membaca:
-          Tasbih (سُبْحَانَ اللَّهِ), Mahasuci Allah
-          Tahmid (اَلْحَمْدُ لِلَّهِ) Segala puji bagi Allah
-          Takbir (اَللّٰهُ اَكْبَرُ). Allah Maha Besar
Masing-masing sebanyak 33 kali. Kemudian digenapkan seratus dengan membaca:
لَا اِلَهَ إِلَّا اللّٰهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ .
Tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar melainkan hanya Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kerajaan dan bagi-Nya segala pujian, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

d.           Kemudian membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Nas
قُلْ هُوَ اللّٰهُ أَحَدٌ ﴿1﴾ اللّٰهُ الصَّمَدُ ﴿2﴾ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْ ﴿3﴾ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ ﴿4﴾
1.                  Katakanlah: "Dia-lah Allah, yang Maha Esa.
2.                  Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.
3.                  Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan,
4.                  dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia."

قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ ﴿١﴾ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ ﴿٢﴾ وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ ﴿٣﴾ وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِى الْعُقَدِ ﴿٤﴾ وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ ﴿٥﴾

1.                  Katakanlah: "Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh,
2.                  dari kejahatan makhluk-Nya,
3.                  dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita,
4.                  dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul,
5.                  dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki."

قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِ ﴿١﴾ مَلِكِ النَّاسِ ﴿٢﴾ اِلَهِ النَّاسِ ﴿٣﴾ مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ ﴿٤﴾ الَّذِي يُوَسْوِسُ فِيْ صُدُوْرِ النَّاسِ ﴿٥﴾

1.                 Katakanlah: "Aku berlidung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia.
2.                  raja manusia.
3.                  sembahan manusia.
4.                  dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi,
5.                  yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia,
6.                  dari (golongan) jin dan manusia.

e.           Dilanjutkan dengan membaca ayat Kursi, yakni ayat ke-255 surat Al Baqarah.
اللّٰهُ لَا اِلَهَ إِلَّا هُوَ اْلحَيُّ اْلقَيُّوْمُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِى السَّمَاوَاتِ وَمَا فِى اْلأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَآءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ وَلَا يَؤُوْدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ اْلعَلِيُّ اْلعَظِيْمُ
Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha besar.

f.            Khusus selesai salat shubuh dan magrib, juga disunnahkan membaca zikir sebagai berikut:
لَا اِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِى وَيُمِيْتُ  وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ .
Tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar melainkan hanya Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya.   Bagi-Nya segala kerajaan dan bagi-Nya segala pujian. Dialah yang menghidupkan dan yang mematikan, dan  Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.


download versi dokumennya disini: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar